Sabtu, 23 Maret 2013

Shalat tarwih.., salah sasaran ...Sugeng angayahi titi wanci Ramadhan ..

Shalat tarwih.., salah sasaran ...Sugeng angayahi titi wanci Ramadhan ..

oleh Ahmad Arifin (Catatan) pada 23 Juli 2012 pukul 23:00
    Shalat tarwih , salah sasaran….. Sugeng  angayahi  titi wanci ramadhan..

Bulan ramadhan datang.., banyak kesibukan di perkampungan  yg ada di kota pare, ada yg  bagi2 kue apem buat megeng’an, trus ada yg ‘nyekar ( mengirim bunga dan doa di makam para leluhur) dan ada yg jagong’an menunggu datangnya shalat tarwih.  Seperti biasanya bila pada minggu2 pertama, setiap ‘langgar dan masjidyg ada di perkampungan selalu dipenuhi dengan jama’ah shalat tarwih, tua muda laki2 dan perempuan datang ke masjid berjubel – jubel, tak ketinggalan juga dengan anak2, pergi shalat tarwih sambil bersorak dan mengalunkan Syii’ran djawa ( puji- pujian yg di kumandangkan sebelum sholat di mulai ) selalu berkumandang :

                               “ Niat ingsun poso wulan romadhlon….
                                  Tutuk’o sedino sesuk…
                                  Anekani… fardhlu’ne wulan ramadhan…
                                  Ikilah taun… , krono Allah ta ‘ ala …”
                                  ( Hamba niat puasa bulan ramadhan…
                                   Kuatkanlah niat hamba sampai esok..
                                   Dengan datang fardhlu’nya bulan ramadhan..
                                   Inilah tahun.., kupersembahkan kepada Allah ta’ ala )

Namanya juga anak2, di tengah syiir’an sedang berkumandang, mereka seringkali berguarau dengan teman2 nya ( kalau sekedar berbicara lirih tidak mengapa, tetapi anak2 bergurau sehingga menimbulkan suara yg amat gaduh ), dan itu membuat Bapak pengawas masjid ( ta’mir ) tak henti- hentinya memperingati anak2  dengan sebuah isyarat “ Sssstttt…! “ yg berarti disuruh diam atau dengan kata2 “ Ojo rame…! “ yg berarti tidak boleh ramai.
Naaahhh…. Kejadiannya pada waktu itu anak2 yg selalu bikin gaduh menggoda bapak pengawas masjid ( ta’mir ) yang siap siaga sambil menirukan ‘sebuah isyarat yg biasa Bapak pengawas masjid tunjukkan kepada anak2 “ Sssstttt….! “ merekapun berpura pura melaksanakan Sholat ketika bapak pengawas datang menghampiri, dan itu membuat Bapak pengawas yg merasa’ di goda’ oleh anak – anak mendatangi tempat anak – anak itu “ Ayo…sholat…., nik gag sholat ora usah rame ae….!! ( Ayo…sholat… , kalau tidak sholat mending diam aja…gag usah rame ..) “ begitu biasanya Bapak pengawas masjid memperingatkan anak – anak sambil ‘ Ngge- blek  ( memukul punggung ) dengan sadjadah di punggung mereka yg lagi rame, tetapi ternyata Bapak pengawas masjid tersebut lagi sial kelihatannya, ternyata bapak tersebut salah sasaran ‘ngge- blek  , yg dig e- blek ternyata orang yg sudah berumur, tetapi karena postur tubuhnya kecil…, jadinya mirip dengan anak – anak kebanyakan.
Bapak pengawas masjid pun segera meminta maaf kepada ‘ mas yg berperawakan kecil  dan mungil tersebut, “ wah…sepuntene ingkang katah nggih mas.., kulo anggit njeneng’an niku lare2, lha lare lare niku atur aturane uangel eram…. ( wah…, mohon maaf ya mas…, saya kira anda itu anak2 … lha anak2 tersebut kalau diatur sulit sekali mas…) “, kata bapak pengawas masjid kepada mas’e tersebut. Menyadari kesibukan bapak pengawas masjid tersebut, ‘ mas yg berperawakan kecil dan mungil menyahuti dengan nada yg lumayan kalem sambil meringis “ Mboten nopo nopo kok pak…, sampun di lebetne ing penggalih.. ( tidak apa – apa kok pak…, jangan di masukkan hati… ) “ anak – anak dan setiap orang yg berjama’ah tersebut tertawa cekikikan melihat Bapak pengawas masjid yg tiba – tiba Goblok mendadak melihat kejadian itu.

Shalat tarwih pun selesai.., dan kemeriahan berlanjut dengan tabuhan  ti’dur ( memukul kentongan dan bedug masjid ) , selain itu biasanya juga ada tradisi ‘ murak ambengan ‘ ( makan nasi berkat bersama sama ) bila ada sebagian warga yg menghantar ‘ Ambengan di langgar dan masjid, sambil melantunkan Syii’ran dan tadarus bersama mereka ‘ murak ambengan bersama – sama sambil guyon dan guyub rukun….” Niat ingsun poso wulan ramadhan……, tutuk’o sedino sesuk…., anekani fardhlu’ne wulan ramadhan…, ikilah taun krono Allah ta’ala……”.

2 komentar: