Sabtu, 23 Maret 2013

Misteri bapak berwajah buruk

Misteri bapak berwajah buruk

oleh Ahmad Arifin (Catatan) pada 9 Agustus 2012 pukul 22:22
          Anda siapa pak …??   ( Misteri bapak berwajah buruk ..)


   Sore itu cuaca lumayan bikin badan ‘ kemriang, gimana tidak.. siangnya panas dan angin berhembus terus – menerus sambil membawa debu – debu beterbangan, menginjak malam cuaca berganti menjadi dingin , maklumlah bulan itu antara bulan juli menuju ke bulan Agustus yg kalau dalam Tradisi jawa bulan tersebut dinamakan ‘ Randu Ngembang, musimnya pohon – pohon randu yang mulai berbunga, bahkan bila diwaktu fajar ayam biasanya aktif berkokok , tetapi tidak dengan bulan ini.. kebanyakan kaki ayam pasti diangkat satu menandakan cuaca yang begitu dingin menusuk tulang.
   Paling  hanya pedagang nasi goreng keliling dan ( kadang bakso juga ) yang bisa diandalkan buat mengisi perut kosong di waktu malam, dan itupun harus aku cari mengelilingi JL.Brawijaya di waktu malam dengan mengendarai onthel sewaan . tak banyak memang jam segitu ( kira – kira pukul . 22.16 wib ) orang – orang yang berseliweran di kampung inggris, mereka lebih asyik leyeh – leyeh di teras rumah sambil minum kopi hangat daripada keluar, tak terkecuali dengan anak kost .. maklum peraturan kost yang berlaku hanya boleh keluar sampai jam 21.00 wib, peraturan tersebut di peruntukkan oleh anak perempuan yang tinggal di kampung inggris.
   “ Mas… nasi goreng mawut ya.., sayurnya mentah aja…” tanyaku kepada mas penjual nasi goreng keliling , “ lho.., kok sayurnya mentah mas? Apa enak nanti..? “ jawab mas penjual yang heran dengan seleraku yang kalau dipikir – pikir persis kambing kebun dan tidak seperti kebanyakan anak – anak pada umumnya, memang aku dari dulu menyukai sayur mayur yang dimasak mentah, bukannya aku ‘omnivora, cuman aku pernah liat di acara  TV Champion Jepang , orang yang suka dengan sayur ‘ m entah konon bisa membuat badan terlihat tampak segar dan tidak loyo ( sambil membayangkan kaya’ popeye the sailorman ) entah benar atau tidak aku suka gitu aja.
   Kuhabiskan dengan lahap nasi goreng tersebut, hal itu adalah sebagai bentuk wujud balas dendamku , karena dari tadi siang aku tidak makan nasi sama sekali, daritadi aku diajak temen – temen berenang di surowono dan cuman makan bakso saja. “ berapa mas…? “ tanyaku kepada penjual nasi goreng yang kelihatannya mulai mengantuk tersebut “ Lima ribu mas…” , akupun membayarnya . emang bicara soal harga makanan di kampung inggris cukup ekonomis alias tidak mahal, pokoknya cocok dengan uang saku anak kost, kebanyakan satu porsi ditambah the cuman Rp. 3500,- sampai Rp 4000,- mahal – mahalnya ya itu tadi.. Rp 5.000,-  bisa membuat perut anak kost penuh.
   Sesampainya di tempat kost, teman – teman sudah pada tidur semua… hanya temanku si ‘ Derta aja yang masih didepan TV  sedang menonton Serial Animal Planet dan terkadang di ganti dengan ‘Don’t tell my mother, aku pun ikut nimbrung dan nonton bersama dia “ lho…kok belum selesai der… what’s time is it..? “ tanyaku kepada Derta , “ iya nih… it’s awesome chanel…seru…, tadi mulainya mundur setengah jam ..” jawab si Derta yang matanya tidak meloloskan barang sedikitpun , “ Dari mana kamu Guys…? “ Derta menanyaiku sambil matanya tetep tidak beralih ke pesawat TV. “ Beli nasi goreng…di depan warnet.., laper dari tadi blum kemasukan nasi..” jawabku, “ ooo… ga’ ajak – ajak …, aku tadi juga laper .., tapi sekarang sudah gag lagi…” Derta pun berhenti sejenak dan merokok satu batang sambil menirukan gaya Al capone di film- film mafia italy, aku pun cuman menggumam “ huuuffftt… sempat – sempatnya ..”. diambilnya Remote TV bermaksud mematikan pesawat TV yang dari tadi belum mati tersebut, akupun mencegahnya “ Gak usah dimatikan der…, ntar tak matikan sendiri…aku mau liat TV dulu..” , lalu kualihkan chanel TV mencari acara ringan – ringan aja , seperti ‘Hungarian Circus ‘ terkadang kalau ada jeda komersial kuganti serial ‘Mr Bean sambil menyandarkan tubuhku . “ aku tak’ tidur dulu ya boy…” kata derta yang keliatannya juga sudah mulai mengantuk tingkat dewa.
   Tinggal aku sendirian di teras luar, emang TV nya tidak di taruh di dalam di tempatnya bapak kost, tetapi ditaruh di teras luar, agar anak – anak kalau menonton bisa bersama – sama . tempat kostku pun termasuk tempat kost yang tidak banyak di ketahui anak – anak kost laen, letaknya didalam dekat dengan kamar mandi lama, didalam bak kamar mandi ada 2 ekor ikan tombro , dikasih anak – anak pada waktu jalan – jalan ke candi surowono agar bak mandi tersebut bebas dari jentik- jentik nyamuk, sementara di depan kamar mandi ada ruangan terbuka, buat menjemur pakaian dan dibalik pagar terlihat kebun yang banyak di tumbuhi pohon mangga yang batang – batang nya berlumut dan menjulang ke atas seperti tangan – tangan yang sedang nmencengkeram langit, akupun menonton TV tetapi juga sedikit mengantuk, liat acara tapi tidak menyimak filmnya, dan akhirnya kumatikan saja TV tersebut.
   Malam semakin larut, buah mangga di kebun balik pagar berjatuhan sesekali menimbulkan suara “ Krosak…!! “ , paling – paling buah yang sudah matang habis di makan ‘ Codot / kelelawar kecil . “ wah… lumayan.., bisa buat makan siang nanti…” pikirku. Keadaan pun semakin hening dan sunyi… semuanya terdengar begitu jelas.., suara Syiir dengan tembang jawa di langgar terdekat, bapak kost yang sedang batuk, temanku Big – papa yang tambun sedang mendengkur, Mr Andy yang kalau di kelas sangat rajin ‘ Mengigau sambil menghafal vocabullary dan suara burung – burung ‘ Wuk yang biasa berkeliaran di tengah malam.
   Aku berdiri dan membasuh muka, tangan dan kakiku dengan ber’ wudhlu, ingin rasanya aku ‘ sembahyang mengheningkan cipta di malam sebening ini pikirku, akupun melaksanakannya dan selesai, lalu akupun duduk ‘semeleh ( Relax ) , merasakan dan bersyukur kepada Sang Pencipta dan ditengah – tengah khusyu’ku…diantara alam sadar dan tidak sadar, terjaga tidak.. tidurpun juga tidak, mungkin kalau kata‘orang – orang tua di Jawa namanya ‘ Gung liwang liwung’ , tiba – tiba … lap ! disebelahku duduk ‘seorang bapak , mengenakan sarung, memakai kopyah ( songkok ) hitam dan mempunyai wajah yang buruk , tetapi tidak menakutkan… ya cuman jelek.., ga ada mukannya yang hancur dan badan yang sedikit membungkuk, dia pun seolah tersenyum dan mengajakku bersalaman tangan, anehnya…. Akupun tidak merasa takut, di dalam batinku pun seakan bertanya “ Ngapunten… panjenengan sinten nggih..? ( Anda siapa pak..? ) “ , tapi si bapak cuman tersenyum dan perlahan – lahan l enyap dari pandangan.
   Akupun setengah sadar… , tapi anehnya…lagi – lagi aku tidak merasa sedikitpun takut, malah tubuhku serasa ringan dan perasaanku sangat bahagia What happened …??? Ada apakah ini..?? . keesokan paginya pada waktu ikut program Speaking, akupun menceritakan pengalamanku kepada teman – temanku, merekapun hanya mengangkat alis sambil mengernyitkan dahi “ Masa sih…, pukul berapa ?? trus reaksimu gimana?? Apa aja yang aneh pada waktu itu…?? “ lainnya juga penasaran berusaha mengorek ceritaku dengan berkata “ lha terus akhirnya gimana…?? “ , mungkin diantara semua anak ada yang menganggap ceritaku hanya ‘ omong kosong belaka alias ‘ Just talk around bullshit..’, terserahlah… khan mereka tidak mengalami seperti aku pada malam itu, tetapi tidak dengan pengalamanku ‘ sehabis mencari nasi goreng pada waktu itu, dan sampai saat inipun ‘ penampakan seorang bapak yang mengajakku bersalaman tengah malam itu banyak ‘ memberi hikmah dalam hidupku, bahwa ada sisi lain di dunia ini yang selalu bersama kita, cuman kita tidak menyadarinya dan bahwa kita hidup di dunia ini tidaklah sendirian.



          On Ramadhan , August 05 2012 .
           Before imsya’ 03.49


               Arifinman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar